Jumat, 03 Mei 2013

Macam-macam setup drum

Kalau ada yang punya lebih, komment ya... Untuk semua drummer, sudah pada tahu belum?

Setup Standar












Inilah setup drum yang biasa dan paling sering digunakan, pernakah kamu berfikir untuk mencoba setup yang baru? Inilah beberapa ide untuk merubah setup kamu tanpa membeli aksesoris tambahan (Jika drum kamu Pearl). Carilah yang cocok dengan kamu sehingga terasa nyaman untuk dimainkan dan dapat memberikan inspirasi kepada kamu.

Setup Ergonomik












Setup diatas ini merupakan setup ergonomik. Dengan menggunakan setup ini, tangan kamu tidak akan cepat lelah ketika memainkan ride cymbal, karena ride cymbal bisa dapat didekatkan dengan kamu dan berada dibawah, kamupun dapat memainkan ride tanpa keluhan tangan kamu terasa pegal. Kedua tom-tom tepat berada didepan snare sehingga kamu dengan mudah dapat meraih keduanya. Yang menggunakan setup seperti ini adalah Budi Haryono (Gigi) dan Ronald (Dr PM). Cara mensetup seperti ini yaitu: Taruh tom ukuran 13 di tempat tom 12 biasa ditempatkan. (tom 12 dilepas) Cabut bagian atas cymbal boom stand (tinggalkan kakinya) dan taruh bagian atas boom stand di tempat tom-tom 13 biasa ditempatkan dan cari posisi yang paling nyaman Gunakan kaki boom stand tadi untuk menepatkan tom-tom 12. Dan letakan seperti gambar diatas. Disarankan kamu menggunakan drum Pearl, jika drum kamu bukan Pearl maka untuk memasang tom-tom 12 diperlukan tom-tom adapter yang kemudian dijepitkan pada cymbal stand sebelah kiri.

Setup Jazz















Sekarang tom-tom 13 yang dipasang di kaki boom stand dan ditempatkan sejajar dengan floot tom 16 (usahakan menaruh tom 13 serendah mungkin dan sejajarkan dengan floor tom 16 (Jika drum kamu Pearl)).

Setup Rock















Setup rock ini hanya memindahkan tom 13 yang menggunakan kaki boom stand ke sisi kiri (sebelah hihat) sehingga kamu mempunyai floor tom pada kiri dan kanan. Dengan mempunyai floor tom dikiri, kamu akan dapat membuat patter-pattern menarik yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Chad Gracey (drummernya Live) mengunakan setup seperti ini.

Semoga Bermanfaat...
sekian dari FirmanAgungRahmawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar