Rabu, 05 Juni 2013

Gitar bass

Bass


Gitar bass elektrik (biasa disebut Bass elektrik atau bass saja) adalah alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar (dibandingkan dengan gitar yang memiliki enam senar).
Bobot dari bass sendiri idealnya lebih berat daripada gitar listrik biasa, karena senarnya yang lebih tebal (untuk menjaga kerendahan nada/bunyi) sehingga menyebabkan harus memilih kayu yang lebih padat dan keras untuk menyeimbangi tekanan pada neck (leher gitar).
Selain itu ukuran fret (kolom pada gitar) yang lebih besar yang disesuaikan dengan panjang senar (scale).
Ada banyak jenis bass yang dipakai sampai dengan saat ini. Yang paling banyak dipakai berupa contra bass dan cello bass (yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera), bass listrik (biasa digunakan untuk semua jenis pertunjukan terutama band) serta bass fretless yang sama dengan bass listrik tapi tidak ada fret (kolom/pembatas pada papan tekan/neck) pada bass tersebut. Prinsip kerja bass fretless mirip dengan contra/cello bass hanya saja berbentuk gitar listrik.

Senar dan Penalaan (Tuning)

  • Empat senar
Biasanya ditalakan ke "G-D-A-E", "G-D-A-D", "G-D-G-D", "D-A-E-B", "D-A-D-B (biasanya pola ini dipakai untuk musik-musik underground/ open D), "F-C-G-D" atau "F-C-G-C" Tetapi ada juga yang memakai Piccolo Bass dengan pola biasa "G-D-A-E" tetapi satu oktaf lebih tinggi
  • Lima senar
Biasanya ditalakan ke "G-D-A-E-B", "F-C-G-D-A" tapi kadang-kadang "C-G-D-A-E".
  • Enam senar
Biasanya ditalakan ke "C-G-D-A-E-B", walaupun "E-B-G-D-A-E" juga suka dipakai.
Penalaan di atas diurutkan berdasarkan nomor senar (senar 1, senar 2, dan seterusnya), di mana senar 1 adalah senar terbawah dari gitar bass (senar yang paling tipis).
Pemain bass memilih menggunakan bass dengan lima senar atau pun enam senar dikarenakan lebih luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkannya. Bass bersenar enam jarang dipakai daripada bass bersenar empat dan bass bersenar lima. Biasanya bass bersenar enam ini banyak dipakai oleh pemain bass beraliran jazz, walaupun tidak dimungkiri pemain beraliran rock-pun ada juga yang memakainya, dikarenakan lebih luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkannya serta memungkinkan untuk memainkan lead bass yang lebih variatif.

Manfaat kunyit untuk kesehatan



"Salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk bronkitis adalah penggunaan bubuk kunyit. Setengah sendok teh bubuk ini harus diberikan dengan setengah gelas susu, dua atau tiga kali sehari. Akan memberikan hasil terbaik bila diminum pada saat perut kosong."




1001 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan

Informasi Kesehatan - Bila anda suka olahraga pagi dengan niat untuk menurunkan berat badan, hal itu boleh-boleh saja. Namun, sebenarnya banyak manfaat didapatkan dari lari pagi selain hanya menurunkan berat badan. Adapun hal ini karena banyak orang yang kurang menyadari dari manfaat lari pagi. Padahal lari pagi tidak hanya membantu menurunkan berat badan.
Di bawah ini ada beberapa manfaat dari lari pagi yang mungkin berguna sebagai pengingat Anda, sebagaimana dilansir Boldsky, di antaranya sebagai berikut:
Menurunkan berat badan
Lari pagi sangat banyak manfaatnya, selain bisa menjaga berat badan Anda, lari pagi juga menurunkan berat badan.Apalagi lari pagi merupakan latihan kardio yang ampuh untuk membakar kalori hingga dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh.
Menjauhkan dari penyakit rematik
Manfaat dari olahraga lari pagi bisa  melenturkan otot-otot Anda, sehingga menjauhkan Anda dari gangguan rematik.
Membuat jantung sehat
Berjalan atau lari pagi juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Selain itu, lari pagi juga bisa membuat jantung Anda sehat dan menjaga Anda tetap energik.
Meredakan stres
Berlari ialah bergerak dari tempat satu ke tempat yang lain, dan hal itu secara tidak langsung memberikan rasa bebas dan menyegarkan otak.
Meningkatkan konsentrasi
Ketika Anda berjalan, Anda pasti berkonsentrasi terhadap arah jalan yang ingin dituju. Banyak para atlet lari percaya bahwa lari seperti meditasi, hingga membantu meningkatkan konsentrasi Anda dalam hal apa pun.
Mengurangi risiko penyakit
Lari merupakan latihan kardio yang sangat baik untuk mencegah ataupun mengontrol segala penyakit. Kanker, jantung, obesitas, asma misalnya.
Meningkatkan stamina
Manfaat lari pagi ialah mengembangkan paru-paru Anda, sehingga bisa berdampak performa stamina Anda meningkat.

Mengenal Pesawat Boeing 737-800NG

Boeing 737-800NG

Pesawat bikinan 2012 ini merupakan pesawat teranyar besutan pabrik Boeing yang berbasis di Everett, dekat Kota Seattle, negara bagian Washington, AS. Kode 'NG' di belakang seri angka pesawat ini memiliki arti Next Generation atau Generasi Berikutnya.
Boeing 737-800NG adalah pesawat komersial untuk penerbangan jarak dekat dan jauh. Pertama kali dibuat pada 2001, dan resmi mengudara pada 2007, Boeing 737-800NG dioperasikan pertama kali oleh maskapai penerbangan asal Indonesia yaitu Garuda Indonesia.
Boeing memulai pembangunan pesawat model 737 - Next Generation (NG) untuk pembinaan seri -600, -700, -800 dan -900. Dalam pembuatan NG ini, perubahan dilakukan dengan merancang sayap baru, peralatan elektronik yang baru dan rancangan ulang mesin pesawat.
Model 737 - NG juga dilengkapi berbagai teknologi yang diadopsi dari pesawat berbadan besar yang lebih canggih, Boeing 777.
Model 737 - NG memiliki kokpit berteknologi tinggi, sistem dalaman pesawat yang baru (diambil dari 777), dengan penambahan berupa 'wingtip' sehingga mengurangi biaya bahan bakar dan memperbaiki proses 'take-off' pesawat. Pesawat 737 - NG boleh dikatakan sebagai model baru karana ciri-cirinya yang banyak berbeda dengan seri-seri 737 yang lama.
Boeing membuat 737-800NG yang mampu terbang lebih jauh dam menampung penumpang lebih banyak daripada versi sebelumnya. Pada varian ini, kokpitnya telah dilengkapi dengan HUD (Head Up Display).
Peralatan ini biasanya dipakai pada pesawat militer atau pesawat tempur. Fungsinya adalah untuk mempermudah pilot dalam menentukan kemiringan pesawat baik secara vertikal maupun horizontal.
Pesawat ini juga menggunakan layar LCD yang terpadu dalam bentuk glass cockpit. Sistem glass cockpit ini diyakini akan menjadi tren bagi pesawat-pesawat baru.
Boeing 737-800NG diklaim memiliki jarak tempuh sejauh 5.425 km dengan kecepatan maksimum 853 km/jam.
Boeing membandrol pesawat 737-800NG dengan harga berkisar antara US$60 juta hingga US$80 juta, tergantung spesifikasi dari maskapai pemesannya.
Boeing 737 merupakan 'standar' armada bagi maskapai-maskapai di Indonesia. Hampir semua maskapai penerbangan di Indonesia pernah dan atau masih mengoperasikan 737, baik varian 'original' (seri -200) varian 'classic' (seri -300, -400, dan -500), maupun 'Next Generation' (seri -800 dan -900ER). [mor]

BOEING 777



Boeing 777
Boeing-Logo.svg
Boeing 777-200LR arrived in paris air show.jpgBoeing 777
 Tipe Wide-body jet airliner
 Produsen Boeing Commercial Airplanes
 Terbang perdana 12 Juni 1994
 Status Dalam produksi
 Pengguna Emirates
Singapore Airlines
Air France
United Airlines(launch consumer)
GARUDA INDONESIA
 Tahun produksi 1993–sekarang
 Jumlah produksi 1.060 sampai November 2012
 Harga satuan 777-200ER: US$205.5–231.0 million[1]
777-200LR: US$237.5–263.5 million[1]
777-300ER: US$257.0–286.5 million[1]
777F: US$252.5–260.5 million[1]
Boeing 777 adalah sebuah pesawat badan lebar mesin kembar berjarak jauh dibuat oleh Boeing Commercial Airplanes. Dia dapat membawa antara 305 - 550 penumpang dan memiliki jangkauan dari 5.600 dampai 8.870 mil nautikal (10.400 sampai 16.400 km). Penerbangan pertama 777 pada 1994.
Ciri unik dari 777 termasuk enam roda pendaratan per set di setiap roda pendaratan utama, fuselage yang bundar sempurna, dan "tailcone" belakang yang menyerupai mata pisau.
Pada 2005 harga satuannya sekitar AS$213 juta, meskipun harga bagi maskapai penerbangan dirahasiakan dan dapat bervariasi sangat besar.
Boeing 777 dibuat untuk menjadi pengganti Boeing 747, namun lebih efisien. Oleh karena itu, Boeing 777 yang dirancang untuk pengganti 747, menjadi pesawat bijet (mesin ganda) terbesar di dunia. Edisi 777 yang terbesar adalah 777-300 dan dengan jarak terjauh adalah 777-200LR. Emirates, maskapai nasional UEA adalah operator terbesar pesawat 777.

Daftar isi

Sejarah


Boeing 777-300/-200 milik Japan Airlines
Boeing 777 mulai terbang tahun 1995, dengan United Airlines. United membeli seri 777-200 untuk permulaan. Seri kedua adalah Boeing 777-200ER dan masuk masa service pada tahun 1997, dan dikirim pertama kali untuk British Airways. Edisi ketiga adalah Boeing 777-300 yang berbadan besar, dibuat pertama kali tahun 1998 kepada maskapai Cathay Pacific Airways. Edisi -300 dapat membawa 550 orang penumpang, karena perancangan 777-300 bertujuan untuk menggantikan Boeing 747-100 dan 747-200.
Edisi -200, -200ER, dan -300 adalah edisi pertama Boeing 777. Dua seri lain, yaitu Boeing 777-200LR dan Boeing 777-300ER adalah seri jarak panjang. Boeing 777-300ER ("ER" untuk Extended Range) adalah seri jarak panjang Boeing 777-300, dan masuk masa pada tahun 2004, dikirim pertama kali untuk Air France. Boeing 777-200LR memasuki masa layanan tahun 2006, dan pelanggan pertama 777-200LR adalah Pakistan International Airlines. Boeing 777-200LR pernah membuat rekor yaitu terbang dari Hong Kong ke London melewati Amerika Serikat tanpa henti. Jejak Pakistan International Airlines dalam pembelian Boeing 777-200LR diikuti oleh maskapai-maskapai lain sebagai berikut:
Keterangan: Emirates adalah operator terbesar Boeing 777, Beberapa operator Boeing 777 lainnya (baik yang sudah operasi maupun dalam pesanan):
dan lain-lain.

Spesifikasi teknis


Prototype Boeing 777-200
Boeing 777
Dimensi Boeing 777-200 Boeing 777-200ER Boeing 777-200LR Boeing 777-300 Boeing 777-300ER Boeing 777 F
Panjang 209 ft 1" (63,7 m) 209 ft 1 " (63,7 m) 209 ft 1"(63,7 m) 242 ft 4"(73.9 m) 242 ft 4"(73.9 m) 209 ft 1"(63,7 m)
Lebar (dari ujung sayap kiri ke ujung sayap kanan) 199 ft 11" (60.9 m) 199 ft 11 in (60.9 m) 212 ft 7" (64,8 m) 199 ft 11 in (60.9 m) 212 ft 7" (64,8 m) 212 ft 7" (64,8 m)
Tinggi 60 ft 9"(18.5 m) 60 ft 9"(18.5 m) 61 ft 1"(18.6 m) 60 ft 8"(18.5 m) 60 ft 8"(18.5 m) 61 ft 1"(18.6 m)
Ketinggian maksimal 43,100 ft (13,140 m) 43,100 ft (13,140 m) 43,100 ft (13,140 m) 43,100 ft (13,140 m) 43,100 ft (13,140 m) 43,100 ft (13,140 m)
Berat bersih 297,300 lb(134,800 kg) 304,500 lb(138,100 kg) 320,000lb(145,150 kg) 353,800 lb(160,500 kg) 370,000 lb(167,800 kg) 318,300 lb(144,400 kg)
Berat maksimum untuk terbang 545,000 lb(247,200 kg) 656,000 lb(297,550 kg) 766,000 lb(347,500 kg) 660,000 lb(299,370 kg) 775,000 lb(351,500 kg) 766,800 lb(347,800 kg)
Kecepatan maksimum Mach 0.84 (560 mph, 905 km/h, 490 knots ) Mach 0.84 (560 mph, 905 km/h, 490 knots ) Mach 0.84 (560 mph, 905 km/h, 490 knots ) Mach 0.84 (560 mph, 905 km/h, 490 knots ) Mach 0.84 (560 mph, 905 km/h, 490 knots ) Mach 0.84 (560 mph, 905 km/h, 490 knots )
Jarak maksimum   5,240 nmi(9,700 km) 7,725 nmi(14,310 km) 9,380 nmi(17,370 km) 6,005 nmi(11,120 km) 7,930 nmi(14,690 km) 4,900 nmi(9,070 km)
mesin 2x PW 4000,RR-800,GE90 PW 4000,RR-800,GE90 GE90 PW 4000,RR-800,GE90 GE90 GE90
kapasitas 440 (max),400 (2 class),301 (3 class) 440 (max),400 (2 class),301 (3 class) 440 (max),400 (2 class),301 (3 class) 365 (3 class),451 (2 class),550 (max) 365 (3 class),451 (2 class),550 (max) N/A(cargo)
Krew Kokpit 2 2 2 2 2 2

Catatan


Boeing 777 United Airlines
Boeing 777-300 merupakan pesawat terbesar untuk kategori pesawat komersial mesin ganda. Dan untuk Boeing 777-300ER (Extended Range), mesinnya, General Electric GE90-115B memiliki diameter yang sedikit lebih besar daripada diameter kabin Boeing 737 dan mesin ini merupakan mesin pesawat dengan gaya dorong terkuat di dunia.[rujukan?] Pesawat ini memiliki kemiripan dengan Airbus A380-800, yaitu pada roda pendaratannya. Kedua pesawat ini memakai enam roda untuk dua set roda pendaratan utamanya. Bedanya, Airbus 380-800 memiliki tambahan dua set roda pendaratan yang serupa dengan Boeing 747-400 (dengan empat roda per set roda pendaratan)
Pesawat Boeing 777 ini sudah dilengkapi dengan sistem kemudi fly-by-wire. Sistem ini biasanya dipakai pada pesawat tempur. Fungsinya adalah untuk mengatasi gejala "kurang ruang" yang terjadi pada saat pilot menggerakkan "tuas kemudinya". Sistem Fly-by-wire juga sudah diaplikasikan pada pesawat Airbus A320, A330, A340, A350 dan A380 Series. Sistem Fly-by-wire diperkirakan akan terus dipakai untuk setiap rancangan pesawat masa depan.
Boeing 777 adalah pesawat pertama yang bentuk badannya dirancang secara penuh dengan menggunakan desain komputer. Dan pada varian yang baru, pesawat ini dilengkapi dengan "ruangan lantai atas tambahan" yang dapat digunakan sebagai tempat istirahat bagi para awak pesawat. Dalam pembuatan kokpitnya, pihak Boeing mendapat masukan dari sekitar 600 orang pilot. Pesawat ini menggunakan layar LCD yang terpadu dalam bentuk glass cockpit.

Boeing 777-300ER pertama yang dibeli Garuda Indonesia lepas landas dari Bandar Udara Internasional Portland
Pesawat ini merupakan pesawat pertama dari Boeing yang menggunakan Glass Cockpit secara menyeluruh. Glass cockpit terkesan jauh lebih rapi dan elegan jika dibandingkan dengan cockpit konvensional. Sistem Glass cockpit ini dipercaya akan menjadi trend bagi pesawat-pesawat baru. Glass Cockpit telah digunakan pada Boeing 737 NG series, Boeing 747-400, Boeing 787 Dreamliner, Airbus A330, A340, A350 dan A380 series.
Boeing 777 juga telah mengeluarkan versi cargo.yaitu versi Boeing 777F (Freighter). Pesawat ini menggunakan sistem glass cockpit dan radar versi Honeywell terbaru. Konsumen perdana boeing ini adalah Air France.pesawat ini terbang perdana pada bulan Februari tahun 2010.

boeing 777-300ER pertama

Kecelakaan

17 Januari 2008 - Insiden BA 38. Kecelakaan hull-loss pertama Boeing 777 (Kecelakaan hull-loss adalah kecelakaan dimana pesawat yang terlibat dalam kecelakaan tidak dapat atau tidak ekonomis untuk diperbaiki dan dihapus dari armada). Disebabkan kehilangan tenaga mendadak pada mesin.