Jumat, 03 Mei 2013

Macam-macam drum stroke

Drum stroke bukan penyakit stroke hahaha :D
                                                                     

Drum Stroke. Apa itu? Drum stroke adalah cara kita memukul bagian dari drum kit (misalnya snare, cymbal, tom dan bagian drum lainnya). Tadi ada baca-baca dikit dari sini, katanya sih kalo mukul drum yang baek (nge-stroke) yang baik adalah mukul bagian yang paling tengah (jadi mikir pantes tengah snare sering laen warnanya ya?!!!). Dari katanya juga kalo kita mukul bagian laen, suaranya mungkin agak aneh. Tapi itu juga bisa dimanfaatin ketika kita mw ngasih fill untuk lagu yang agak jazz atau musik daerah kaya (samba, dang dut bisa juga, musik yang alirannya aneh-aneh gitu, yang jarang kita dengar), kita bisa mukul bagian pinggirnya snare drum atau tom-tom. Jadi, ada suara nyaring yang lumayan bagus untuk dimaenkan dan dapat dimanfaatkan untuk membuat fill yang bagus untuk musik-musik gitu.

Kemarin juga ada nonton video tutorial dari youtube tentang stroke di drum. Ada beberapa jenis stroke, tapi yang aku tau ampe detik ini ada dua yaitu :

* Single Stroke,
* Double Stroke,

Kita bahas atu-atu dulu ya. Yang pertama kita bahas itu adalah single stroke. Bahasa apa lagi neh? Tenang deh, ini masih simple kok, aku juga pertama ga tau kalo itu single stroke (ini dikhususkan untuk pemain drum yang newbie kaya aku ya). Single stroke itu memukul drum dengan satu kali pukul dengan menggunakan tangan atau kaki secara bergantian. Contohnya neh, kita make tangan kanan kita mukul snare drum, baru kita pukul tangan kiri kita. Jadi urutannya gini :

R-L-R-L-R-L-R-L

Itu urutannya, jadi urutannya tangan kanan, tangan kiri, tangan kanan, tangan kiri, tangan kanan, tangan kiri, tangan kanan, tangan kiri. Ini juga berlaku untuk bass drum ya. Lumayan untuk ngelatih kecepatan kaki.

Itu tadi single stroke, sekarang kita beralih ke double stroke. Double stroke ini sebenarnya mirip dengan single stroke, bedanya adalah kita memukul drumnya dua kali.

Contohnya neh :

R-R-L-L-R-R-L-L

Dari situ kita liat kita bakalan mukul dua kali dulu baru ganti tangan untuk memukul lagi dengan jumlah pukulan yang sama.

Selain stroke berdua ada juga yang namanya paradidle dan triplet. Kalo paradidle tuh urutannya gini :

R-L-R-R-L-R-L-L

Pola itu harus diikutin karena memang itu polanya paradidle tapi itu bisa diganti atau divariasikan (maksudnya kiri duluan atau kanan duluan yang mulai tapi polanya tetap) dan kalo triplet itu urutannya gini :

R-L-R-0 -R-L-R-0

0: TANDA BERHENTI

nah itu tadi maksudnya kita mukul tiga kali bergantian (R-L-R) baru di ketukan ke empat kita berhenti. Begitu terus dilanjutkan (kaya paradidle tadi kita harus ngikutin itu karena polanya memang gitu).

Ya, itu dulu ya. Soalnya aku juga masih perlu belajar lagi. Yang aku tau, aku share di sini. Kritik dan saran yang membangun diterima dengan senang hati.
sekian dulu yaa....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar