Boeing 777 adalah sebuah
pesawat badan lebar mesin kembar berjarak jauh dibuat oleh
Boeing Commercial Airplanes.
Dia dapat membawa antara 305 - 550 penumpang dan memiliki jangkauan
dari 5.600 dampai 8.870 mil nautikal (10.400 sampai 16.400 km).
Penerbangan pertama 777 pada
1994.
Ciri unik dari 777 termasuk enam roda pendaratan per set di setiap roda pendaratan utama,
fuselage yang bundar sempurna, dan "tailcone" belakang yang menyerupai mata pisau.
Pada 2005 harga satuannya sekitar
AS$213 juta, meskipun harga bagi
maskapai penerbangan dirahasiakan dan dapat bervariasi sangat besar.
Boeing 777 dibuat untuk menjadi pengganti
Boeing 747, namun lebih efisien. Oleh karena itu, Boeing 777 yang dirancang untuk pengganti 747, menjadi pesawat
bijet (mesin ganda) terbesar di dunia. Edisi 777 yang terbesar adalah 777-300 dan dengan jarak terjauh adalah 777-200LR.
Emirates, maskapai nasional
UEA adalah operator terbesar pesawat 777.
Sejarah
Boeing 777 mulai terbang tahun 1995, dengan
United Airlines. United membeli seri 777-200 untuk permulaan. Seri kedua adalah Boeing 777-200ER dan masuk masa
service pada tahun 1997, dan dikirim pertama kali untuk
British Airways. Edisi ketiga adalah Boeing 777-300 yang berbadan besar, dibuat pertama kali tahun 1998 kepada maskapai
Cathay Pacific Airways.
Edisi -300 dapat membawa 550 orang penumpang, karena perancangan
777-300 bertujuan untuk menggantikan Boeing 747-100 dan 747-200.
Edisi -200, -200ER, dan -300 adalah edisi pertama Boeing 777. Dua
seri lain, yaitu Boeing 777-200LR dan Boeing 777-300ER adalah seri jarak
panjang. Boeing 777-300ER ("ER" untuk
Extended Range) adalah seri jarak panjang Boeing 777-300, dan masuk masa pada tahun 2004, dikirim pertama kali untuk
Air France. Boeing 777-200LR memasuki masa layanan tahun 2006, dan pelanggan pertama 777-200LR adalah
Pakistan International Airlines.
Boeing 777-200LR pernah membuat rekor yaitu terbang dari Hong Kong ke
London melewati Amerika Serikat tanpa henti. Jejak Pakistan
International Airlines dalam pembelian Boeing 777-200LR diikuti oleh
maskapai-maskapai lain sebagai berikut:
Keterangan: Emirates adalah operator terbesar Boeing 777, Beberapa
operator Boeing 777 lainnya (baik yang sudah operasi maupun dalam
pesanan):
dan lain-lain.
Spesifikasi teknis
Boeing 777
Dimensi |
Boeing 777-200 |
Boeing 777-200ER |
Boeing 777-200LR |
Boeing 777-300 |
Boeing 777-300ER |
Boeing 777 F |
Panjang |
209 ft 1" (63,7 m) |
209 ft 1 " (63,7 m) |
209 ft 1"(63,7 m) |
242 ft 4"(73.9 m) |
242 ft 4"(73.9 m) |
209 ft 1"(63,7 m) |
Lebar (dari ujung sayap kiri ke ujung sayap kanan) |
199 ft 11" (60.9 m) |
199 ft 11 in (60.9 m) |
212 ft 7" (64,8 m) |
199 ft 11 in (60.9 m) |
212 ft 7" (64,8 m) |
212 ft 7" (64,8 m) |
Tinggi |
60 ft 9"(18.5 m) |
60 ft 9"(18.5 m) |
61 ft 1"(18.6 m) |
60 ft 8"(18.5 m) |
60 ft 8"(18.5 m) |
61 ft 1"(18.6 m) |
Ketinggian maksimal |
43,100 ft (13,140 m) |
43,100 ft (13,140 m) |
43,100 ft (13,140 m) |
43,100 ft (13,140 m) |
43,100 ft (13,140 m) |
43,100 ft (13,140 m) |
Berat bersih |
297,300 lb(134,800 kg) |
304,500 lb(138,100 kg) |
320,000lb(145,150 kg) |
353,800 lb(160,500 kg) |
370,000 lb(167,800 kg) |
318,300 lb(144,400 kg) |
Berat maksimum untuk terbang |
545,000 lb(247,200 kg) |
656,000 lb(297,550 kg) |
766,000 lb(347,500 kg) |
660,000 lb(299,370 kg) |
775,000 lb(351,500 kg) |
766,800 lb(347,800 kg) |
Kecepatan maksimum |
Mach 0.84 (560 mph, 905 km/h, 490 knots ) |
Mach 0.84 (560 mph, 905 km/h, 490 knots ) |
Mach 0.84 (560 mph, 905 km/h, 490 knots ) |
Mach 0.84 (560 mph, 905 km/h, 490 knots ) |
Mach 0.84 (560 mph, 905 km/h, 490 knots ) |
Mach 0.84 (560 mph, 905 km/h, 490 knots ) |
Jarak maksimum |
5,240 nmi(9,700 km) |
7,725 nmi(14,310 km) |
9,380 nmi(17,370 km) |
6,005 nmi(11,120 km) |
7,930 nmi(14,690 km) |
4,900 nmi(9,070 km) |
mesin 2x |
PW 4000,RR-800,GE90 |
PW 4000,RR-800,GE90 |
GE90 |
PW 4000,RR-800,GE90 |
GE90 |
GE90 |
kapasitas |
440 (max),400 (2 class),301 (3 class) |
440 (max),400 (2 class),301 (3 class) |
440 (max),400 (2 class),301 (3 class) |
365 (3 class),451 (2 class),550 (max) |
365 (3 class),451 (2 class),550 (max) |
N/A(cargo) |
Krew Kokpit |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
Catatan
Boeing 777 United Airlines
Boeing 777-300 merupakan pesawat terbesar untuk kategori pesawat
komersial mesin ganda. Dan untuk Boeing 777-300ER (Extended Range),
mesinnya, General Electric GE90-115B memiliki diameter yang sedikit
lebih besar daripada diameter kabin Boeing 737 dan mesin ini merupakan
mesin pesawat dengan gaya dorong terkuat di dunia.
[rujukan?]
Pesawat ini memiliki kemiripan dengan Airbus A380-800, yaitu pada roda
pendaratannya. Kedua pesawat ini memakai enam roda untuk dua set roda
pendaratan utamanya. Bedanya, Airbus 380-800 memiliki tambahan dua set
roda pendaratan yang serupa dengan Boeing 747-400 (dengan empat roda per
set roda pendaratan)
Pesawat Boeing 777 ini sudah dilengkapi dengan sistem kemudi
fly-by-wire. Sistem ini biasanya dipakai pada pesawat tempur. Fungsinya
adalah untuk mengatasi gejala "kurang ruang" yang terjadi pada saat
pilot menggerakkan "tuas kemudinya". Sistem Fly-by-wire juga sudah
diaplikasikan pada pesawat Airbus A320, A330, A340, A350 dan A380
Series. Sistem Fly-by-wire diperkirakan akan terus dipakai untuk setiap
rancangan pesawat masa depan.
Boeing 777 adalah pesawat pertama yang bentuk badannya dirancang
secara penuh dengan menggunakan desain komputer. Dan pada varian yang
baru, pesawat ini dilengkapi dengan "ruangan lantai atas tambahan" yang
dapat digunakan sebagai tempat istirahat bagi para awak pesawat. Dalam
pembuatan kokpitnya, pihak Boeing mendapat masukan dari sekitar 600
orang pilot. Pesawat ini menggunakan layar LCD yang terpadu dalam bentuk
glass cockpit.
Pesawat ini merupakan pesawat pertama dari Boeing yang menggunakan
Glass Cockpit secara menyeluruh. Glass cockpit terkesan jauh lebih rapi
dan elegan jika dibandingkan dengan cockpit konvensional. Sistem Glass
cockpit ini dipercaya akan menjadi trend bagi pesawat-pesawat baru.
Glass Cockpit telah digunakan pada Boeing 737 NG series,
Boeing 747-400,
Boeing 787 Dreamliner,
Airbus A330,
A340,
A350 dan
A380 series.
Boeing 777 juga telah mengeluarkan versi cargo.yaitu versi Boeing 777F (
Freighter). Pesawat ini menggunakan sistem glass cockpit dan radar versi Honeywell terbaru. Konsumen perdana boeing ini adalah
Air France.pesawat ini terbang perdana pada bulan Februari tahun 2010.
Kecelakaan
17 Januari 2008 -
Insiden BA 38. Kecelakaan
hull-loss pertama Boeing 777 (Kecelakaan
hull-loss
adalah kecelakaan dimana pesawat yang terlibat dalam kecelakaan tidak
dapat atau tidak ekonomis untuk diperbaiki dan dihapus dari armada).
Disebabkan kehilangan tenaga mendadak pada mesin.